Inspirasi Potensi Desa Yang Bisa Dikembangkan Di Era Modern

    Setiap desa tentunya memiliki potensinya masing-masing dan yang pasti unik. Keunikan inilah yang membuat tidak semua orang dapat melihat potensinya. Hanya orang yang jeli dan peka terhadap potensi yang ada itulah yang bisa mengangkatnya. Tentu potensi yang ada tidak akan memberikan dampak bagi sekitar jika potensi tersebut tidak dikembangkan sehingga memiliki daya jual. Hal ini akan berdampak kepada peningkatan Pendapatan Asli Desa.

Diera yang modern ini, perilaku manusia banyak yang berubah. Perlahan namun pasti perilakunya berubah menjadi modern dan digital. Membuat kita sebagai masyarakat pedesaan tidak boleh ketinggalan dengan adanya modernisasi. Diharapkan mampu mengembangkan potensi desa diera modern ini. Berikut Inspirasi Potensi Desa yang dapat dikembangkan diera modern dari BUMDesa Mitra Sejati.


1. Sumber Daya Alam Desa

Potensi Desa yang berhasil dikembangkan oleh BUMDesa Mitra Sejati di era yang modern ini adalah dibidang Sumber Daya Alam yakti Sumber Air Bersih. Desa Sukorejo memiliki sumber air bersih yang melimpah. BUMDesa Mitra Sejati mengembangkan potensi ini dengan memanfaatkan teknologi filtrasi yang sesuai dengan standar kesehatan sehingga air tersebut dapat dikonsumsi oleh seluruh warga Desa Sukorejo.


Potensi tersebut dikemas dan di berinama “Air Isi Ulang Mitra Khayyun”. Mitra Khayyun sudah beroperasi dan mampu melayani seluruh kebutuhan air minum mineral di Desa Sukorejo. Air yang didistribusikan oleh Mitra Khayyun telah melalui Uji Klinis Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek. Dengan pengembangan potensi desa ini dapat mewujudkan Desa Sukorejo sehat dengan mengonsumsi air bersih. Dari sektor ekonomi, Miktra Khayyun dapat memberikan sumbangsinya terhadap desa dengan meningkatkan pendapatan asli desa dan mendukung pembangunan Desa Sukorejo.


www.bumdesmitrasejati.com
Depo Air Isi Ulang "Mitra Khayyun"





2. Desa Wisata

Desa memang identik dengan keindahan alamnya. Banyak wisatawan yang berlibur dari kota ke desa untuk menikmati pemandangan yang indah. Setiap desa tentunya memiliki potensi untuk menjadi desa wisata. Baik yang sudah bisa dinikmati langsung seperti pantai, air terjun dan keindahan alam lainnya atau pun keindahan alam yang masih perlu pembangunan untuk membuatnya lebih indah dan mudah diakses.

BUMDesa Mitra Sejati juga tengah mengembangkan Program Desa Wisata yang diberinama “ Wisata Lemah Kepuh”. Wisata ini adalah model wisata yang mengakomodir  berbagai model wisata, yakni wisata alam dan wisata edukasi ramah lingkungan. Berlokasi di jalan desa berpanorama persawahan khas pedesaan. Pembangunan infrastruktur di area wisata adalah bentuk pengembangan potensi desa. Dengan pembangunan ini potensi yang ada akan memberikan nilai jual tersendiri. Selain memberikan Pendapatan Asli Desa, juga memberikan pembiasaan terhadap warga Desa Sukorejo untuk mencapai “Sukorejo Sehati”.

 

www.bumdesmitrasejati.com
Wisata Lemah Kepuh




0 Komentar