Membayar LKS dengan sampah


                                                        



        BUMDesa melalui Bank sampah Mitra Gumrining melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan setingkat SD/MI yang ada di Desa Sukorejo, untuk melakukan edukasi sampah sejak dini. Sehingga kegiatan ini akan berlokasi pada lembaga pendidikan setingkat SD/MI.


        Untuk inovasi ini akan dilaksanakan seminggu sekali yang harinya nanti kita bagi berdasarkan jumlah lembaga pendidikan yang ada di Desa Sukorejo. Dimana hari tersebut ditetapkan sebagai hari sampah dimana lembaga pada hari itu diberikan edukasi tentang sampah dan pengumpulan sampah mulai dari rumah sampai di sekolah. 


    Rincian Kegiatan Inovasi Bayar LKS adalah sebagai berikut :

1.    BUMDesa melalui Bank sampah melakukan kerja sama dengan pihak sekolah di Desa Sukorejo setingkat SD/MI.

2.    Kerja sama yang dilakukan dalam bentuk pemberian edukasi tentang pengelolan sampah yang baik

3. Kegiatan akan dilakukan seminggu sekali, dimana hari tersebut ditetapkan menjadi hari sampah.

4.  Kegiatan di hari sampah tersebut akan ada edukasi sampah (sasaran adalah siswa dan wali siswa) dan pengumpulan sampah oleh siswa.

5.  Edukasi ini bisa berisi paparan, maupun praktek langsung pengelolaan dan pemanfaatan sampah yang baik.

6.  Pengumpulan sampah yang dimaksud point (4) adalah siswa diberikan tugas setiap hari sampah untuk membawa sampah yang ada di rumah.

7.   Sampah yang dibawa tidak dibatasi, sehingga sampai di sekolah sampah tersebut akan selalu dilakukan pilah oleh anggota Bank Sampah yang hadir.

8.    Pilah tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan jenis sampah, dengan dilakukan berulang maka siswa diharapkan paham terhadap jenis sampah

9.    Sampah yang memiliki nilai ekonomi akan dicatat dalam buku tabungan sampah siswa, dan sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi akan dibuang di TPS Desa.

10.  Tabungan sampah ini akan ditarik setiap 1 semester di waktu pembayaran LKS.

11.  Pembayaran LKS akan terbantu oleh tabungan sampah

12.  Harapanya, siswa paham dalam mengelola sampah, dan juga hasil dari mengelola sampah bisa membantu mengurangi beban pembayaran LKS.



0 Komentar