Unit Perdagangan Barang dan Jasa


 Unit usaha ini dimulai pada tahun 2018, dengan modal bangunan toko yang dianggarkan dari APBDesa tahun 2018. Pada akhir tahun 2018 BUMDesa juga mendapat bantuan permodalan Kementrian Desa PDTT pusat sejumlah Rp. 50.000.000,- yang digunakan untuk pembelian alat berupa foto copy dan peralatan lainnya. Bidang usaha ini nantinya membawahi kegiatan usaha antara lain :

- Photo Copy, Pengetikan dan Penyedia ATK

Usaha ini bergerak dalam bidang pemenuhan peralatan kantor, ATK dan kebutuhan photo copy berkas. Rencananya dalam pelayanan bidang usaha ini nantinya akan bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, seperti halnya sekolah, layanan kesehatan, lembaga keuangan dan lain sebagainya. Namun selain itu juga akan memberikan pelayanan terhadap masyarakat umum.

- Jasa Pembayaran Online

Pada era sekarang pembayaran online menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan untuk memudahkan masyarakat dalam aktifitas pembayaran tagihan rumah tangga. Jenis usaha ini juga akan dilakukan oleh BUMDesa dalam pelayanannya pada masyarakat. Usaha ini bekerjasama dengan pihak BNI 46 dan menjadi satu dalam Bidang Jasa Perdagangan / Toko BUMDesa.

- Perdagangan Produk Lokal Desa

Sesuai dengan misi BUMDesa Mitra Sejati Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek untuk mengemabngkan produk lokal desa, jenis usaha ini dirintis untuk lebih membesarkan produk UMKM yang ada di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Di toko BUMDesa ini dijual segala jenis hasil produksi UMKM masyarakat, baik tersedia langsung di toko maupun secara online. Jadi diharapkan produk lokal yang ada di DESA Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ini semakin dikenal masyarakat luas dan bisa mendatangkan pendapatan bagi masyarakat luas dan bisa mendatangkan pendapatan bagi masyarakat desa.

- Penyediaan Sembako

Usaha ini merupakan kelanjutan dari kerjasama BUMDesa dengan dunia pertanian. Segala mavam hasil pertanian yang termasuk dalam kebutuhan pokok dikemas oleh BUMDesa dan dijual oleh BUMDesa.





0 Komentar