Apakah BUMDesa dapat Memberdayakan Masyarakat Desa?

Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDesa Mitra Sejati


Apakah BUMDesa dapat memberdayakan masyarakat desa? pertanyaan seperti ini sering kali muncul di benak Anda bukan. Terbukti dengan sampainya Anda pada artikel ini. Besar rasa penasaran Anda mendorong untuk mencari tau tentang keterlibatan BUMDesa kepada masyarakat setempat. Apakah BUMDesa hanya untuk kepentingan anggotanya atau untuk kepentingan seluruh warga desa? menarik untuk kita bahas.

BUMDesa adalah badan usaha milik desa yang didirikan atas dasar Musyawarah Desa (MUSDES). Yakni musyawarah antara pemerintah desa dengan masyarakat desa. Masyarakat desa secara langsung dilibatkan dalam tahapan pendirian BUMDesa. Masyarakat juga diminta untuk memberikan sumbangsih berupa pikiran dan gagasan untuk pendirian BUMDesa.

Ketika BUMDesa sudah berdiri dan secara resmi beroperasi anggota yang di dalamnya berasal dari masyarakat desa setempat. Anggota ini akan diberikan SK tugas dari kepala desa untuk bekerja di dalam BUMDesa. Pengurus BUMDesa berkisar tujuh sampai delapan orang anggota. Mulai dari direktur, wakil direktur, bendahara dan yang lainya. Pemberdayaan masyarakat terjadi pada tubuh BUMDesa itu sendiri.

Unit usaha yang dimiliki oleh BUMDesa juga bisa lebih dari satu bidang. BUMDesa memiliki berbagai macam jenis usaha adalah suatu yang normal. Pada hal ini akan banyak menyerap tenaga yang dibutuhkan. Pengurus BUMDesa telah memiliki tugas dan wewenangnya masing-masing dalam mengurus BUMDesa pusat. Oleh karena itu dibutuhkan tenaga baru di luar pengurus BUMDesa yang utama. Pemberdayaan masyarakat disektor tenaga kerja pada unit usaha BUMDesa.

Di dalam suatu desa tentunya tidak hanya BUMDesa yang memiliki unit usaha. Banyak masyarakat desa yang juga memiliki mata pencaharian dari berwirausaha baik perdagangan ataupun jasa. BUMDesa akan bekerjasama dengan para pelaku usaha di desa tersebut sehingga bidang usaha akan semakin meluas dan membuka banyak lapangan pekerjaan. Pemberdayaan masyarakat disektor kerjasama dengan pelaku usaha di desa.

Tidak hanya masyarakat yang dapat diberdayakan oleh BUMDesa anak-anak muda juga dapat berperan dalam hal ini. BUMDesa bisa menyediakan platform khusus anak muda untuk mengasah kemampuannya baik dibidang akademik maupun non akademik. Sehingga tumbuh kembang anak dapat di monitoring dan berdampak pada Sumber Daya Manusia yang unggul di desa tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh BUMDesa Mitra Sejati yang memiliki berbagai unit usaha. Unit usaha BUMDesa Mitra Sejati telah memberdayakan masyarakat setempat. Unit usaha ini membuka lapangan pekerjaan baru. Seluruh pekerjanya adalah asli dari Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Sehingga pemberdayaan ini berdampak pada peningkatan perekonomian warga desa.




0 Komentar

Terlama