Unit Usaha Persewaan Mesin



Peralatan yang dimiliki oleh unit usaha ini adalah mesin selip tanah liat untuk penyediaan industri genteng, mesin aduk semen (molen) untuk penyediaan kegiatan pembangunan infrastruktur fisik, Hand Tracktor untuk penyediaan dunia pertanian. Mesin selip dan medin aduk semen ini pengadaannya dibeli dengan permodalan yang bersumber dari pemupukan modal usaha jasa perkreditan senilai Rp. 55.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Sedangkan mesin Hand Tracktor diperoleh dari bantuan pemerintah.
    👉Persewaan Selip Tanah Liat 
 Pada prosesnya mesin selip tanah liat ini disewakan kepada masyarakat industri genteng dengan menggunakan sistem sewa per jam. Dalam setiap harinya mesin selip tanah liat ini beroperasi kurang lebih 8 jam. Dari sistem tersebut diperoleh pendapatan yang nantinya dikurangi operasional berupa honor operator mesin dan biaya operasional lainnya termasuk perawatan mesin. Dalam perjalanannya sektor usaha persewaan selip tanah liat ini menyesuaikan kondisi perindustrian genteng, pada musim panas persewaan lancar dan bisa berkurang pada saat musim penghujan. Kondisi pasar yang naik turun juga menjadi tolah ukur perkembangan usaha ini. 
     👉Persewaan Molen (Mesin Pengaduk Semen)
Penyediaan molen ini lebih kepada sektor pembangunan fisik di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek yang juga menggunakan sistem sewa harian. Peningkatan dari sektor bangunan menjadikan BUMDesa Mitra Sejati Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek melirik peluang ini. Sasaran dari usaha ini adalah masyarakat yang sedang membangun sarana insfrastruktur baik rumah maupun pengerjaan jalan beton. Perkembangan pemerintah Desa dalam membangun infrastruktur juga menjadi sasaran usaha ini. Pada saat desa membangun jalan dari beton, molen ini akan disewakan ke TPK Desa. Bermodalkan Rp. 7.000.000,- dari pemupukan modal untuk membeli molen, sedangkan sistem persewaannya adalah harian.
    👉 Persewaan Hand Traktor
Usaha ini disediakan bagi dunia pertanian, hal ini karena lahan pertanian di Desa Sukorejo kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek tergolong luas. Sistem yang digunakan adalah sewa harian. Dalam perjalanannya, persewaan hand tracktor ini kurang begitu menghasilkan, karena biaya sewa habis untuk biaya operasional tenaga dan alat. Usaha ini dipertahankan dengan tujuan BUMDesa bisa mengembangkan hubungan dengan sektor pertanian, yang harapannya bisa memberdayakan petani agar lebih produktif.  












0 Komentar