DASOLIN (Dana Sosial Bersalin)

                                                                          





 
    
   
 BUMDesa melalui Bank Sampah akan melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga penyedia layanan umum di seputaran Kec. Gandusari untuk memberikan himbauan kepada masyarakat dalam memberikan donasi berupa sampah plastik, dimana hasilnya akan ditujukan kepada bantuan Ibu Hamil dengan kondisi ekonomi kurang. Kegiatan ini berlokasi diseputaran wilayah Kecamatan gandusari yang terfokus pada lembaga penyedia pelayanan umum, mulai dari Balai Desa, Puskesmas, Kantor Kecamatan, Kantor Polsek, Kantor Koramil dan lain-lain,

    Kegiatan donasi sampah dapat dilakukan setiap waktu saat masyarakat memerlukan pelayanan di lembaga penyedia layanan umum di wilayah Kecamatan Gandusari, dari hasil donasi sampah akan dihitung nilainya dan dapat dipergunakan oleh ibu hamil melalui bidan desa, mulai dari proses periksa rutin, melahirkan sampai proses nifas. Kegiatan ini akan dimulai segera setelah pengendalian pandemi Covid 19B dapat dilakukan dengan baik oleh Pemerintah.

    Rincian Kegiatan Inovasi Donasi Sampah adalah sebagai berikut :

1.  Pihak BUMDesa dan Bidan Desa dibantu Pemerintah Desa melakukan pendataan ibu hamil di desa secara berkala.

2.    Data tersebut kemudian diverifikasi berdasarkan kondisi ekonomi dari ibu hamil.

3.    BUMDesa didampingi oleh Pemerintah Desa melakukan lobi kerjasama dengan berbagai lembaga penyedia layanan publik.

4. Kerjasama yang dilakukan adalah lembaga peneyedia layanan diharapkan bersedia untuk ditempati wadah sampah plastik bagi para donatur sampah, sekaligus lembaga diharapkan mau mensosialisasikan kegiatan donasi sampah kepada masyarakat.

5.  Setelah lembaga layanan umum bersedia, maka BUMDesa melalui Bank Sampah akan meletakkan wadah donasi sampah, x banner dan brosur dilokasi lembaga tersebut.

6.    Hasil donasi sampah akan diambil setiap hari di akhir waktu kerja lembaga.

7.  Hasil donasi akan dikumpulkan di Bank Sampah dan dilakukan pencatatan sesuai nilai sampah yang kemudian dibukukan dengan buku tabungan khusus.

8.  Nilai sampah dari donasi tersebut akan digunakan untuk menekan stunting di desa.

9.  Penekanan stunting akan difokuskan pada ibu hamil dengan kondisi ekonomi kurang mampu.

10.Pembiayaan ibu hamil yang dilakukan adalah mulai dari pemeriksanaan rutin, PMT Ibu Hamil, Melahirkan sampai dengan nifas

11.Inovasi ini diharapkan akan memberikan edukasi kepada masyarakat secara tidak langsung dan bisa menekan angka stunting di desa.

0 Komentar