Pengertian dan Manfaat BUMDesa


www.bumdesmitrasejati.com
Logo BUMDesa Mitra Sejati Desa Sukorejo


Pengertian Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Mengutip dari Undang Undang Desa pasa 1 angka 6 UU No. 6/2014 tentang Desa pengertian BUMDesa adalah Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut sebagai BUM Desa, yakni badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.


Dapat disimpulkan bahwa BUMDesa adalah badan yang berdiri atas dasar modal dari pemerintah desa. BUMDesa didirikan secara kolektif oleh pemerintah desa beserta warga masyarakat setempat. Potensi desa dan aset yang dimiliki desa akan dikelola dan dimanfaatkan oleh BUMdesa sebagai sumber pendapatan utama bumdes.


Manfaat Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Setelah Anda mengetahui apa itu pengertian BUMDesa. Tentunya Anda telah merasakan manfaat yang akan ditimbulkan oleh berdirinya BUMDesa tersebut. Manfaat BUMDesa bagi desa itu sendiri tentunya sangan besar. Peran BUMDesa yang mengelola segala aset dan potensi desa akan meningkatkan perekonomian desa. Dengan BUMDesa yang berfokus pada sektor perekonomian desa tentunya akan berdampak positif karena tugas dari pemerintah desa telah terbantu.


Adapun manfaat dari BUMDesa yang telah dirangkum oleh BUMDesa Mitra Sejati adalah sebagai berikut :

1. Membuka Lapangan kerja baru

BUMDesa diperbolehkan memiliki lebih dari satu macam bentuk usaha. Oleh karena itu tidak mungkin jika semua usaha milik BUMDesa dijalankan oleh anggota BUMDesa itu sendiri. Hal tersebut sangat memungkinkan BUMDesa membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.


2. Penghubung antara industri dan industri desa.

Manfaat BUMDesa selajutnya adalah sebagai penghubung antar industri besar yang ada di perkotaan dengan industri yang ada di desa. BUMDesa dapat memasarkan usaha-usaha milik masyarakat setempat ke industri yang lebih besar dengan produk yang sama. Atau bisa menarik produk turunan dari industri besar agar dapat dikerjakan oleh masyarakat desa dan dikoordinir oleh BUMDesa.


3. Sebagai Pusat Edukasi

Masyarakat desa harus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dasa. Salah satunya dukungan melali BUMDesa. Edukasi dan juga dukungan sangat diperlukan oleh masyarakat terkai fundamental mendirikan usaha hingga permodalan usaha yang akan didapatkan dengan mudah dengan BUMDesa.


Demikian adalah ulasan mengenai pengertian BUMDesa dan manfaat berdirinya BUMDesa. Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan pembelajaran bagi Anda dan juga BUMDesa Mitra Sejati. Ingin Mengetahui Lebih lanjut tentang BUMDesa Mitra Sejati Klik Disini


0 Komentar